Sabtu, 11 Februari 2017

Sistem Informasi Yang Digunakan Pada Perusahaan

MAKALAH
KONSEP SISTEM INFORMASI


Tentang
Sistem Informasi Yang Digunakan Pada Perusahaan



Oleh :
Wandarizki Fadillah
1602113



JURUSAN SISTEM INFORMASI
SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER TUNAS BANGSA
PEMATANGSIANTAR
2016



KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji dan syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan berkah, rahmat, karunia serta hidayah-Nyalah saya dapat menyalesaikan makalah Konsep Sistem Informasi
Makalah ini disusun dengan tujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Konsep Sistem Informasi. Untuk itu saya selaku penyusun sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Terutama kepada dosen mata kuliah Konsep Sistem Informasi yang telah memberikan bimbingannya sehingga makalah ini dapat saya selesaikan tepat pada waktunya.
Selaku penyusun saya sangat mengetahui bahwa makalah ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, saya mohon kritik dan saran yang membangun agar saya dapat menyusunnya kembali lebih baik dari sebelumnya.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, terutama bagi saya selaku penyusun.

Pematangsiantar, 27 September 2016




Daftar Isi
Cover........................................................................................................................ 1
Kata Pengantar......................................................................................................... 2
Daftar Isi.................................................................................................................. 3
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................... 4
      A.     Latar Belakang............................................................................................. 4
      B.     Rumusan Masalah........................................................................................ 4
      C.     Tujuan Penulisan.......................................................................................... 4
BAB II PEMBAHASAN........................................................................................ 5
      A.    Sistem Informasi Perusahaan....................................................................... 5
      B.     Jenis Sistem Informasi yang digunakan....................................................... 5
      C.     Tabel Perusahaan Pengguna Sistem Informasi............................................. 6
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 9





BAB I
PENDAHULUAN
    A.    Latar Belakang
            Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya.
            Perkembangan sistem informasi merupakan salah satu tolak ukur kemampuan adaptasi suatu perusahaan terhadap perkembangan zaman. Pada era persaingan global dan kompetisi yang semakin ketat, setiap perusahaan harus mampu melakukan inovasi dalam perkembangan sistem informasi agar efektifitas dan tujuan perusahaan serta daya saing perusahaan dapat terbangun dengan baik. Dalam membangun teknologi dan sistem informasi, perusahaan memerlukan perubahan yang terus menerus dan berkelanjutan. Teknologi dan sistem informasi yang merupakan kolaborasi antara teknologi informasi dan komunikasi yang memainkan peran utama pengembangan sistem informasi merupakan sebuah alat utama yang digunakan sebagai penentu daya saing suatu perusahaan.
    B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu Sistem Informasi Perusahaan?
2.      Bagaiman Penerapan Sistem Informasi Perusahaan?

    C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui Sistem Informasi Perusahaan
2.      Untuk mengetahui Penerapan Sistem Informasi Perusahaan
















BAB II
PEMBAHASAN

   A.    Sistem Informasi Perusahaan
            
Sistem informasi perusahaan adalah suatu sistem berbasis computer yang dapat melakukan semua tugas akuntansi standatr bagi semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi.
            
SIM Perusahaan saat ini mengakumulasi seluruh data transaksi akuntansi dari bagian manu faktur , penjualan , pembelian , sumber daya manusia, dan berbagai fungsi bisnis lain. Data itu berhubungan dengan sumber daya organisasi dan perencanaan tidak dapat dilakukan tanpa memahami bagaimana tiap penjualan. tiap unit yang diproduksi ,dan tiap tindakan tanpa mempengaruhi keseluruhan organisasi.

    B.     Jenis – Jenis Sistem Informasi Yang digunakan

   1.      Transaction Processing Systems (TPS)
TPS adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi.
Contoh: cek gaji karyawan, formulir pajak, dan rekening keuangan.

   2.      Management Information Sistem (MIS)
MIS menghasilkan informasi yang digunakan untuk membuat keputusan, dan juga dapat membantu menyatukan beberapa fungsi informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi.

   3.      Decision Support Systems (DSS)
Merupakan interaktif sistem informasi berbasis komputer yang menggunakan model keputusan dan database khusus untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajerial end user.
Contoh: Program kertas kerja elektronik memudahkam manajerial end user menerima respon secara interaktif untuk peramalan penjualan atau keuntungan.

   4.      Executive Support System (ESS)
ESS membantu eksekutif mengatur interaksinya dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik-grafik dan pendukung komunikasi ditempat-tempat yang biasa diakses seperti kantor.

               

 
   C.    Tabel  Perusahaan Pengguna Sistem Informasi
Jenis Sistem Informasi
Nama Sistem
Nama Perusahaan
Keterangan
TPS
Point of Sale (POS) System 
Pizza Hut Inc.

Suatu sistem yang menggunakan terminal elektronik cash register untuk menyimpan dan mengirim data entry penjualan pada semua jaringan yang langsung terhubungi dengan komputer pusat dan dapat diproses untuk keperluan cepat atau periodik. 
Global Digital Logistic System (GDLS)
 PT. LG Electronics Indonesia

Dengan sistem ini seluruh pegawai dapa mengetahui bagaimana kondisi inventori perusahaan yang berada di gudang pusat maupun cabang. Begitu pula, apabila terjadi masalah atau kesalahan yang berhubungan dengan inventori sehingga dapat segera diatasi langsung oleh pegawai yang berwenang. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas biaya dan kinerja perusahaan. 
 Sistem Informasi Penggajian (Payroll) Karyawan
  PT. Indonesia Raya Audivisi (INDRA)

Sisem Penggajian karyawan yang cepat, tepat dan akurat dalam membantu dan memudahkan user untuk memproses penggajian. Mencakup : Slip gaji, Absensi, dan Lembur, Laporan - laporan (gaji, absensi, lembur, pajak penghasilan).

 Sistem Kliring Nasional (SKN)
Bank Indonesia

SKN merupakan sistem kliring antarbank untuk alat pembayaran cek, Bilyet Giro, nota debet lainnya dan transfer kredit antar bank.
MIS
Pizza Hut’s Field Management System 
Pizza Hut Inc. 

Suatu Sistem menyediakan aplikasi yang dapat membantu store manager dalam business forecasting, inventory management dan human resources management. Aplikasi ini akan berupa suatu bentuk pelaporan yang selanjutnya digunakan oleh perusahaan dalam penentuan atau pengambilan keputusan pada sistem penunjang keputusan. 
Gojek App 
PT. Gojek Indonesia

Sistem ini  memberikan layanan jasa kurir (90 minute delivery anywhere in the city), Jasa transportasi (transparent pricing, free shower cap and masker), Jasa delivery makanan (delivering your favorite food under 60 minutes in Jabodetabek) dan Jasa belanja dengan nominal dibawah 1 juta rupiah (shop for food, ticket, medicine, anything under RP 1.000.000. we`ll pay for it first).
DSS
Pizza Hut Inc. 

DSS menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi manager end-user secara interaktif dengan menggunakan berbagai model analisis, simulasi dan lain sebagainya. Bagi Pizza Hut sendiri penggunaan DSS terlihat ketika setiap store manager dapat memonitor performance sistem secara langsung dan interaktif, juga dilengkapi dengan management tool analysis dalam menganalisa business forecasting dan manajemen persediaan. 
 E-Link STMIK
STMIK Insan Pembangunan 

Sistem ini memudahkan manajerial dan User menerima respon secara interaktif untuk mengetahui jumlah pendapatan atau pendaftaran siswa tahun ajaran baru, dan daya tampung kapasitas sekolah serta masyarakat bisa mengetahui tentang sekolah yang menjadikan sekolah favoritnya, sebagai informasi yang lebih lengkap. Penerapan DSS diterapkan pada saat :
·         Keputusan penerimaan mahasiswa baru
·         Evaluasi prestasi akademik
·         Yudisium dan
·         Penentuan mahasiswa berprestasi.

 Bank Indonesia Real Time Gross Settlement 
(BI-RTGS)
 Bank Indonesia

BI-RTGS merupakan sistem transfer dana elektronik antar Peserta dalam mata uang rupiah yang penyelesaiannya dilakukan secara seketika per transaksi secara individual. 
ESS
 Bank Indonesia Scripless Securities ​Settlement System 
(BI-SSSS)
 Bank Indonesia

BI-SSSS merupakan sarana transaksi dengan Bank Indonesia termasuk penatausahaannya dan penatausahaan surat berharga secara elektronik 





















DAFTAR PUSTAKA

·         www.go-jek.com
·         https://id.wikipedia.org/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial Belajar Java : JDBC (Java Database Connectivity)

Assalamualaikum.. Holla sobat pintar, sudah lama ya tidak posting. Apakabar ? Pastinya sehat dong ya, kalau sehat pasti semangat belajar n...